Sabtu, 31 Maret 2012

UTS TIK 2012


SERBA MUDAH TENTANG BATIK

Batik Indonesia  sebagai warisan budaya mendapatkan pengakuan dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), tepatnya tanggal 2 Oktober 2009 di Perancis merupakan suatu pengakuan dunia akan karya asli anak bangsa. Bagaimana usaha kita memelihara batik itu sendiri? Apakah sekedar memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu menggenakan batik pada setiap kesempatan?.

Belum banyak yang paham tentang cara mencuci batik, berikut beberapa hal yang sebaiknya kita ketahui:

1.      Kurang tepat apabila mencuci batik menggunakan shampoo rambut, karena shampoo rambut hanya akan membuat batik bersih, tidak punya sifat mengikat dan mempertahankan warna kain (terutama warna-warna alami), sehingga warna batik akan cepat pudar.

2.      Sebaiknya tidak mencuci batik dengan menggunakan ditergen/sabun mandi, karena hanya akan merusak warna dan saat penyimpanannya akan menimbulkan bau apek yang merangsang datangnya ngengat.

3.      Hal yang benar adalah :

Cuci batik/sutra dengan menggunakan Sari Lerak  “Ronsari NL”, karena lerak (Sapindus rarak)  mengandung :
a.      Saponin yang menyebabkan busa, saponin yang bekerja sebagai surfaktan yang membuat air cucian lebih basah, akibatnya saponin mudah masuk ke dalam serat-serat kain yang dicuci menarik kotoran yang melekat dan melepas kotoran dari kain. Saponin adalah alkaloid beracun dimana ngengat sangat tidak suka sehingga batik yang dicuci menggunakan sabun cuci lerak Lerak “Ronsari” atau  sari lerak “Ronsari NL” akan terhindar dari bau apek dan ngengat tidak akan datang.
b.      Minyak lerak, cairan yang berfungsi mengikat warna-warna kain, sehingga warna kain tidak pudar.           

                         “Ronsari NL” adalah lerak cair dengan dengan dua aroma pilihan yaitu melati dan aroma cendana merupakan bahan  alami yang bersifat mengikat warna dan mampu mempertahankan warna alami.  Dalam proses pembuatannya Sari “Ronsari NL” dilakukan secara alami langsung menggunakan tangan manusia, tanpa sentuhan mesin industri sehingga kandungan yang terdapat dalam biji lerak tidak terkontaminasi apapun.

Add caption
4.      Langkah mencuci dengan dengan lerak cair RONSARI NL:
a.      Kocok lebih dahulu botol sari lerak,
b.      Tuangkan dengan ukuran 4 tutup botol 
c.       Campurkan dalam 4 liter air hingga merata (berbusa)
d.     Rencam pakaian/kain selama 9 s.d. 15 menit
e.      Bilas dengan air bersih (jangan menggunakan pelembut dan pewangi pakaian)
f.        Jangan menggunakan mesin cuci
g.      Angin-anginkan di tempat teduh (meskipun tidak langsung terkena sinar matahari, lerak sudah mengancung alkaloid beracun yang tidak disukai ngengat/hewan kecil  sejenis lainnya)
h.      Jangan diperas, biarkan mengering alami karena saat pengeringan alami inilah minyak lerak kembali bekerja menguatkan warna kain.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

The Time


Get your own Digital Clock

Blogger templates

About Me

Foto Saya
Alyaak Hafizh Rayudisa
this is real , this is me :-) i'm exactly where i'm supposed to be now ♥ gonna let the light shine on me, now i've found who i'm there's, no way to hold it in, no more hidding who i want to be, this is me ♥ :-)
Lihat profil lengkapku